Minggu, 25 Desember 2016

REVITALISASI STASIUN MANGGARAI

Pengguna transportasi umum di Indonesia semakin meningkat jumlahnya khususnya di DKI Jakarta. Seperti data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik DKI Jakarta bahwa 2 juta lebih warga Jakarta menggunakan komuter untuk melakasanakan aktivitas baik sebagai pelajar maupun karyawan kantoran. Dengan tingginya angka pengguna transprtasi umum, komuter, maka pemerintah juga harus terus meningkatkan  pelayanan angkutan umum. Peningkatan pelayanan dapat diterapkan baik secara manajerial maupun insfrastruktur. Seperti yang dilakukan oleh PT. KAI dalam melakukan revatilisasi untuk beberapa stasiun di wilayah Jabodetabek.
Pada saat ini perkembangan revitalisasi di Stasiun Manggarai baru mencapai 11% pada bulan Agustus 2016. Memang angka perkembangan revilitasi masih terlalu kecil namum tentu saja hal itu tetap harus diapresiasi. Pengerjaan revilitasi direncanakan akan rampung pada tahun 2019. Revilitasi dilakukan dengan peningkatan Stasiun  Manggarai hingga mencapai 2 atau 3 lantai dan juga dibuat  underpass. Nantinya jalur untuk kereta barang akan dipisahkan dengan jalur komuter maka hal ini akan menghindari antrian lalu lintas komuter sehingga penumpang akan menjadi lebih nyaman karena tidak harus menunggu teralu lama. Untuk pembuatan underpass hal ini dilakukan untuk meingkatkan kemanan raga dari penumpan. Karena, pada kondisi saat ini penumpang harus menyebrangi beberapa peron atau bahkan kereta yang berhenti untuk sampai pada peron yang sesuai dengan tujuan penumpang. Hal ini juga akan menjadikan stasiun sebagai tempat yang ramah bagi kaum difabel.
Hal yang dilakukan pemeritah ini sejalan dengan goals yang juga ingin dicapai oleh PBB. Salah satu tujuannya adalah tentang pembangunan insfrastruktur. Target dari pembangunan insfrastruktur ini salah satunya adalah agar pada tahun 2030, untuk menyediakan system transportasi yang mudah diakses dan aman serta ramah untuk kaum difabel, perempuan, anak-anak, dan orang tua.
Semoga apa yang telah dilaksanakan ini akan terus  menajdikan Indonesia lebih baik lagi.

Sumber :

http://www.re-digest.web.id/2016/11/ngobroltempo-revitalisasi-stasiun_24.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar